Reinstalasi Listrik Penerangan pada Rumah Ibadah di Kampung Kalamanuk Distrik Fakfak Timur Papua Barat

Authors

  • Rusliadi Rusliadi Politeknik Negeri Fakfak
  • Yulianto La Elo Politeknik Negeri Fakfak
  • Naomi Lembang Politeknik Negeri Fakfak
  • Nurul Husnah Politeknik Negeri Fakfak
  • Muhammad Ayyub Syamsul Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.60000/jipkam.v2i1.9

Keywords:

Instalasi Listrik, Penerangan, Rumah Ibadah

Abstract

Listrik menjadi penunjang dalam kemajuan teknologi dan pelaksanaan pembangunan yang mendorong kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. untuk mendukung program tersebut maka perlu dukungan instalasi listrik yang memadai untuk menjamin keselamatan dan mencegah kerugian pada konsumen. Kerugian ini dapat terjadi akibat instalasi yang tidak sesuai dengan standar PUIL. Seperti halnya dengan rumah ibdah yang terdapat pada kampung kalamanuk distrik fakfak timur kabupaten fakfak. Setelah dilakukan observasi, masih terdapat instalasi penerangan yang tidak sesuai dengan standar. keadaan ini membuat masyrakat menjadi tidak khusyuk dalam melakukan ibadah karena khawatir akan bahaya krosleting listrik yang dapat membahayakan keselamatan jemaat. Hal ini mendorong mahasiswa Jurusan Teknik Listrik Politeknik Negeri Fakfak melakukan reinstalasi penerangan pada rumah ibadah di Kampung Kalamanuk. Pelayanan yang diberikan berupa instalasi ulang listrik penerangan serta perbaikan instalasi dan mengganti perlatan yang tidak sesuai dengan standar. Proses instalasi dilakukan dengan mengganti pengkabelan untuk jalur penerangan. Pemasangan ulang kabel dilakukan pada plafon rumah ibadah kemudian diklem pada setiap jarak 30 cm. Setelah proses pengkabelan selesai maka selanjutnya adalah melakukan instalasi penerangan baik dalam ruangan rumah ibadah maupun yang terdapat pada teras depan dan belakang rumah ibadah. Sebanyak 2 buah lampu penerangan pada bagian teras depan, 2 buah lampu penerangan bagian teras belakang dan 6 buah lampu penerangan pada bagian sisi samping kiri dan kanan rumah ibadah. Pemasangan penerangan pada bagian teras dimaksudkan agar halaman rumah ibadah menjadi terang ketika malam hari.

References

Dien, A. B., Poekoel, V. C., & Pakiding, M. (2018). Redesain Instalasi Listrik Dikantor Pusat Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 7(3), 303-314.

Elo, Y. L., & Rusliadi. (2022). Pemasangan Instalasi Lampu Penerangan Jalan Energi Mandiri di Kampung Tanama, Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak. JurnalPengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 423-429.

Hapinudin, A. (2009). Tatacara Memasang Instlasi Listrik di Rumah. Depok: Griya Kreasi.

Indra, Z., & Kamil, I. (2011). Analisis Sistem Instalasi Listrik Rumah Tinggal dan Gedung untuk Mencegah Bahaya Kebakaran. JURNAL ILMIAH ELITE ELEKTRO, 2(1), 40-44.

Marwan, T. B. (2018). PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK MASJID RAUDHATUL JANNAH YAYASAN KHAIRU UMMAH KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M), (pp. 263-268). Makassar.

Rusliadi, Elo, Y. L., & Lembang, N. (2022). Perbaikan Instalasi dan Pemasangan Lampu Penerangan Masjid Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 229-233.

Rusliadi, Elo, Y. L., Lembang, N., & Husnah, N. (2023). Peningkatan Tata Nilai Masyarakat melalui Instalasi Lampu Penerangan Jalan Berbasis Tenaga Surya di Kampung Tanama, Kabupaten Fakfak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 4(3), 2771-2778.

Tanjung, A., Hamzah, & Setyawan, D. (2021). Penerapan Persyaratan Umum Instalasi Listrik dan Standarisasi Kelistrikan di Kelurahan Maharani Kecamatan Rumbai. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FLEKSIBEL,, 2(1), 32-38.

Zakir, I., Sunawar , A., Subekti, M., Rahardo, I. A., & Salam, I. N. (2021). PERBAIKAN DAN PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN PADA MASYARAKAT DI RW 02 KELURAHAN CIPINANG BESAR SELATAN KECAMATAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021).

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Rusliadi, R., La Elo, Y., Lembang, N., Husnah, N., & Syamsul, M. A. (2024). Reinstalasi Listrik Penerangan pada Rumah Ibadah di Kampung Kalamanuk Distrik Fakfak Timur Papua Barat. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kaa Mieera, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.60000/jipkam.v2i1.9